Apa itu Normalisasi Dalam Analisa Perancangan Sistem, Terlengkap

Apa Itu Normalisasi?

Normalisasi adalah Proses pengolahan data dalam cara tertentu untuk membantu mengurangi atau mencegah timbulnya masalah yang berhubungan dengan pengolahan data dalam basis data .

Atau dalam pengertian yang lain Normalisasi adalah suatu teknik untuk mengorganisasi data ke dalam tabel‐tabel untuk memenuhi kebutuhan pemakai di dalam suatu organisasi. 

Tehnik normalisasi bertujuan untuk membuat relasi-relasi yang ada menjadi lebih mudah dimengerti serta untuk penyederhanaan,pemeliharaan data dan untuk menghilangkan kerangkapan data ,

munculnya data yang tidak konsisten pada medan yang sama untuk beberapa file dengan kunci yang sama dan untuk menunjukkan hub antar file.

Tujuan Normalisasi

  • Untuk menghilangkan kerangkapan data
  • Untuk mengurangi kompleksitas
  • Untuk mempermudah pemodifikasian data

Proses Normalisasi

  • Data  diuraikan  dalam  bentuk  tabel,  selanjutnya    dianalisis  berdasarkan  persyaratan tertentu ke beberapa tingkat.
  • Apabila    tabel    yang    diuji    belum    memenuhi    persyaratan    tertentu,    maka    tabel tersebut    perlu    dipecah    menjadi    beberapa    tabel    yang    lebih    sederhana    sampai memenuhi bentuk yang optimal.  
Previous Post Next Post